News
Wali Kota Ungkap Alasan Pilih Logo Baru Samarinda
Samarinda
Foto: Logo terbaru Kota Samarinda.
Pendengar KP (Samarinda) - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda akan meluncurkan branding kota terbaru di Big Mall Samarinda, Senin, 21 Januari 2019. Acara tersebut merupakan rangkaian dari HUT ke-59 Pemkot Samarinda dan hari jadi Samarinda ke-351.
Dana yang dikeluarkan pemerintah untuk pembuatan proyek bertajuk Magnificent Samarinda ini sebesar 600 juta rupiah.
Terdapat paduan warna yang menarik pada logo teranyar Kota Tepian itu. Elemen merah dilambangkan maju, berani, ulet, dan gigih. Sementara kuning dimaknai kejayaan, kemajuan, dan dinamis. Sedangkan hijau berarti damai, nyaman, dan subur.
Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang mengungkapkan, dari tiga pilihan logo yang disiapkan, dirinya memilih satu bentuk yang maknanya bakal mudah dipahami masyarakat.
Orang nomor satu di Samarinda itu menjelaskan, pesan yang ingin disampaikan pada logo tersebut adalah semangat dan inovasi.
"Pemahaman masyarakat lebih mudah lah. Kalau saya ambil yang kaya S, Samarinda dikira karena saya S, Syaharie Jaang," ucap Jaang sembari tertawa.
Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pendapatan Daerah (Bappeda) Kota Samarinda, Asli Nuryadin mengatakan, logo baru Samarinda itu merupakan bagian dari dokumen bisnis branding Samarinda, yang tender proyeknya dimenangkan Citiasia Inc.
Bahkan Pemkot Samarinda telah menjalin kerja sama dengan daerah lain, seperti Bali, Bandung, dan Banyuwangi untuk mempromosikan branding baru ini.
"Jadi mereka sudah tahu kalau di sini ada kerajinan tenun sarung samarinda," kata Asli.
Dikonfirmasi terpisah, chief strategic officer Citiasia Inc, Hari Kusdaryanto menerangkan, kombinasi warna merah dengan lengkungan hijau dan kuning pada huruf M merupakan representasi Jembatan Mahkota dan Mahul.
Lebih jauh Hari melanjutkan, elemen warnanya dipetik dari logo Pemkot dan sarung Samarinda.
"Samarinda ini menjadi satu dari 25 daerah percontontohan Smart City," ungkap Hari.
Diinformasikan bahwa, branding baru Samarinda ini jadi komponen dari blue print city branding Samarinda yang mulai direncanakan 2017 lalu. Bersama 99 kabupaten/kota di Indonesia, Samarinda termasuk kota yang terpilih dalam Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia.
Dokumentasi: Istimewa
Penulis: Maul
Editor: *